Rabu, 14 September 2016

Makalah tentang NBH Alfamart



KATA PENGANTAR


Puji Tuhan Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa Atas Segala Rahmat, karunia terutama kesempatan yang diberikan-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini secara tuntas, untuk menjadi salah satu tugas rekapan, alasan, penyebab kenapa bisa terjadi NBH dan cara mengatasi atau menanggulangi NBH supaya tidak terjadi lagi dibulan berikutnya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagai referensi dalam bekerja.          


            Selama proses penulisan makalah ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.

            Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi penulis demi mencapai kesempurnaan makalah ini.

 




Jakarta, 03 September 2016

DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR


DATAR ISI


 BAB    I PENDAHULUAN
1.1 latar Belakang
1.2 Metode Penelitian

BAB    II PEMBAHASAN
            2.1 Place
            2.2 People
            2.3 Process
            2.4 Product

BAB    III PENUTUP
            3.1 Kesimpulan





BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang

Makalah ini disusun guna memenuhi tugas dari Am/Ac untuk pertanggung jawaban masalah NBH serta langkah perbaikan kedepannya.


2.      Rumusan Makalah

1.      Bagaimana sebab terjadinya NBH ?
2.      Bagaimana cara mengatasinya  ?
3.      Bagaimana langkah perbaikan kedepannya ?

3.   Tujuan

1.      Memenuhi tugas dari Am/Ac untuk pertanggung jawaban masalah NBH





















BAB II
PEMBAHASAN

Sebab terjadinya NBH dan Langkah pencegahan kedepannya.
Berdasarkan rumus 4P.

1.     Place

Penyebab
Langkah Perbaikan
1.     Lingkungan rawan sindikat
Lingkungan banyak sindikat yg merupakan warga sekitar.
ü Memperketat pengawasan serta mengatur absensi semaximal mungkin.



2.     People

Penyebab
Langkah perbaikan
1.     Kesadaran NBH kurang
ü Briefing tentang NBH dimaximalkan sehingga personil benar-benar sadar bahwa barang hilang tsb secara otomatis mengurangi gaji/diganti personil.
2.     Produk knowledge belum maximal sehingga disaat stock opname sering selisih barang.
ü Memaximalkan SO rawan hilang, disaat SO harian semua personil berpartisipasi, otomatis  personil knowledge tentang barang-barang toko akan bertambah.
3.     Ketelitian saat SO kurang
ü Akan debriefing/buat kebijakan jika bulan besokbarang yg di SO bulan sekarang selisih dikarenakan salah hitung/salah barang akan dikasih sanksi.
4.     Ketelitian saat penerimaan barang dari DC/Suplier serta pengecekan belum maximal
ü Akan diterapkan sanksi personal jika terjadi kesalahan pribadi saat penerimaan barang.
5.     Pengawasan tidak maximal dikarenakan kurang personil.
Nb : Avg sales 10.000.000,-
Rincian personil :
Cos : 1 orang
Acos cowok : 1 orang
Acos cewek : 1 orang
Crew cowok : Tidak ada
Crew cewek : 3 orang
ü Mengajukan penambahan personil serta menaikkan sales toko supaya budget personil bertambah.
ü Membuat strategi pengawasan menurut jam-jam rame dan sepi customer
6.     Ketelitian transaksi kasir masih kurang.
Selisih klerekan menjadi indikasi jebolnya barang di POS kasir.
ü Control pejabat saat transaksi kasir, serta mengurangi manual transaksi.
ü Control selisih klerekan kasir.
ü Menonaktifkan tombol F2 untuk meminimalisir terjadinya manual barang dengan adanya kebijakan pendukung ( membuat daftar  PLU barang tertentu yg tidak dapat discan, dan ditempel dipapan keyboard kasir ).
ü Akan merevisi kode void/retur pejabat sehingga tidak ada yg melakukan void/retur fiktif.
7.     Factor lupa personil, lupa ngetail makanan/minuman.
ü Cek bag/body saat mau pulang.
ü Barang-barang personil wajib ada struknya.

3.     Process

Penyebab
Langkah perbaikan
1.     System penerimaan barang kurang teliti dikarenakan kurang personil.
ü Mengatur absensi, sehingga saat datang barang tidak kekurangan personil. Dengan patokan tgl PO barang yg akan dikirim DC.
2.     SO rawan hilang standard 100 item belum terpenuhi dikarenakan personil kurang.
ü Memaximalkan SO rawan hilang 50 item.
Untuk SO item rawan hilang lainnya akan dilakukan pengawasan ketat.
3.     Terjadi adjust plus saat SO dikarenakan penjualan belum motong OH, sehingga bulan berikutnya item tsb menjadi minus.
ü Transfer data ke computer server serta update ulang stock akan dimaximalkan setiap SO.

4.     Product

Penyebab
Langkah perbaikan
1.     Terdapat beberapa item melewati expired yg akhirnya jadi NBH.
ü General cleaning expired setiap hari minggu pertama dan terakhir setiap bulannya.
ü Item melewati expired langsung tail sesuai pembagian rak masing-masing.
2.     Display barang yg dipaksakan melebihi kapasitas sehingga terjadi BR, dan keseringan BR tsb tidak layak retur karna isi kurang dari 95%.
ü Sosialisasi mindis dan maximal display ke all personil serta penataan barang digudang sesuai SOP.







BAB III
PENUTUP

Kesimpulan:
          NBH terjadi karena 2 unsur yaitu internal dan external.
Internal mencakup administrasi dan personil, Serta external mencakup sindikat dll.
Sebab dan pencegahan NBH dijabarkan melalui rumus 4P.




3 komentar: